PRESS RELEASE PROGRAM KERJA IKM MEDICAL CHECK UP 2024

Rabu,03 Juli 2024

Layanan Medical Check Up (MCU) merupakan pemeriksaan kesehatan yang bertujuan untuk mengetahui status kesehatan seseorang. Layanan MCU bertujuan untuk mendeteksi penyakit secara dini bila ada masalah kesehatan serta untuk mengetahui status kesehatan seseorang. Medical Check Up dilakukan untuk mempertahankan kesehatan yang tak ternilai harganya dan untuk mencegah timbulnya penyakit yang lebih lanjut. Mendeteksi penyakit yang mungkin timbul merupakan hal yang sangat penting, karena tidak semua penyakit mempunyai gejala yang jelas, terkadang kita baru mengetahui penyakit tersebut saat melakukan pemeriksaan kesehatan.

Kegiatan Medical Check Up merupakan kegiatan yang dilakukan dalam bentuk cek kesehatan masyarakat umum serta memberikan informasi lebih lanjut mengenai kampus STIKES Nasional, Surakarta dan akan di laksanakan di STIKES Nasional, Surakarta. Kegiatan Medical Check Up ini merupakan kegiatan kolaborasi antara Ikatan Keluarga Mahasiswa (IKM) dengan PSMB dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 Juni 2024.

Kegiatan ini dimulai dari brieffing dan persiapan panitia kemudian dibuka oleh Master of Ceremony (MC), lalu dilanjutkan kegiatan penyampain mengenai pemeriksaan yang akan dilaksanakan. Selanjutnya, akan ada sedikit penyampaian dari panitia mengenai Prodi D-III Teknologi Laboratorium Medis yang ada di STIKES Nasional, Surakarta. Kemudian dilanjutkan dengan Medical Check Up pemeriksaan Glukosa, Asam Urat, ataupun Hemoglobin. Setelah selesai pelaksanaan Medical Check Up di lakukan penutupan acara.

Dalam Medical Check Up ini bertujuan guna membantu masyarakat untuk mengetahui lebih dalam mengenai penyakit asam urat, Gula darah, Hb (Hemoglobin) membantu masyarakat untuk mengetahui kadar asam urat, Kadar Gula darah dan kadar Hemoglobin di dalam darah menggunakan alat POCT. Medical Check Up tahun ini terlaksana pada hari Sabtu, 15 Juni 2024 dimana diikuti sebanyak kurang lebih 27 peserta lansia desa Kwarasan Grogol Sukoharjo dan Dayung Grogol Sukoharjo.